Makanan Khas Situbondo Yang Wajib Anda Coba

Makanan Khas Situbondo  – Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu mengenai kota Situbondo. Ya, kota kecil di ujung timur Pulau Jawa ini memang jarang-jarang sekali terekspos, mungkin sebab kota kecil serta tempatnya yang begitu strategis ya. Kota ini mempunyai beberapa kuliner ciri khas yang tidak kalah mantep loh dibandingkan dengan kuliner ciri khas wilayah lain di Indonesia. Apa sich kuliner yang tidak bisa kamu terlewat jika sedang bertandang ke Situbondo?

Makanan Khas Situbondo

Rujak Cingur Situbondo Rujak Cingur Situbondo

1. Rujak Cingur
Rujak cingur salah satu makanan tradisional yang begitu gampang diketemukan di wilayah timur Pulau Jawa biasanya, wilayah Tapal Kuda terutamanya. Rujak cingur umumnya terbagi dalam beberapa jenis potongan mentimun, mangga muda, kedondong, lidah sapi, tahu, bengkoang, kangkung serta kecambah alias tauge. Semua potongan barusan disuguhi dengan hangatnya siraman resep bumbu ciri khas yang terbuat dari olahan gula merah, cabai, bawang goreng, garam, kacang tanah, pisang muda, dikit air, serta petis udang tentu saja.

2. Nasi Karak
Setelah itu makanan yang sangat enak serta popular di Situbondo yakni nasi karak. Nasi karak ini hidangan terutamanya hampir serupa dengan nasi kucing yang banyak ditawarkan di sejumlah wilayah lain, atau juga bisa serupa dengan sego sadukan. Makanan ciri khas Situbondo ini adalah nasi yang dikasih taburan parutan kelapa, umumnya dalam penyajian makanan ciri khas yang satu ini ditambah lagi dengan lauk berbentuk tahu serta tempe goreng, dan juga bisa ditambah lagi dengan lauk ikan tongkol yang ciri khas, hingga jadikan makanan ini jadi lebih nikmat untuk disantap.

3. Nasi Sodu
Nasi sodu adalah sepiring nasi dengan kuah gulai lawuh yang digabung kacang panjang. Kadang dikasih kombinasi wortel serta buncis. Utamanya dalam nasi sodu, sayurnya ialah kuah santan dengan lauk ikan tongkol yang dibuat bumbu merah serta tidak lupa cengek alias sambal terasi toge. Nasi Sodu mempunyai rasa cukup manis, hingga bila ingin berasa lebih enak bila diakan dengan sambal. Awalannya, nasi sodu dikonsumsi dengan sendok dari daun pisang yang dilipat (dalam bahasa madura dimaksud sodu), tetapi sekarang ini untuk kepraktisan sendok daun ditukar sendok logam seperti sendok biasanya.

4. Tajin Palappa
Kuliner yang terbuat dari bubur dengan bumbu kombinasi kacang serta kombinasi bumbu yang lain dan sayur-sayuran. Di Situbondo, khususnya di wilayah kotanya, menu ini jadi menu favorite untuk sarapan, hampir setiap hari serta tidak jemu sarapan ini. Di Situbondo masih murah, di dekat rumah saya di kampung, dengan uang 3000 rupiah sampai 5000 rupiah bisa nikmati sepiring bubur lengkap plus kerupuk. Tetapi menu ini cuma di jual di warung-warung kecil di perkampungan, yang umumnya jualan rujak ciri khas Situbondo. Kalau ada yg jual di tepi jalan, tidak sampai jam 9 pagi telah habis. Jadi janganlah berharap dapat di jumpai di restoran ya.

5. Bakso Tekwoleh
Tekwoleh datang dari akronim bahasa Jawa nek tidak entek digowo mulih yang bermakna “Kalau tidak habis dapat dibawa pulang”. Ada tiga ukuran dari Bakso Tekwoleh. Bakso nomer 3 ialah ukuran bakso paling kecil, dengan diameter seputar 7cm. Sesaat bakso nomer 2 mempunyai ukuran diameter seputar 10cm. Ada tetelan daging dari tulang rusuk yang meningkatkan citarasa bakso. Bakso paling jumbo ialah nomer 1 bakso ini mempunyai diameter sekiar 13cm dengan isi tetelan yang sama, tetapi semakin banyak.

6. Ikan Bakar Asap
Hasil bakaran ikannya juga begitu lezat karena membakarnya manfaatkan asap pembakaran dari kulit kelapa, tidak ada sedikitpun api pada proses pembakaran ikan itu, jikapun apinya mulai keluar, pemilik dengan selekasnya akan menyiram api itu. ini yang membuat ikan bakarnya tersa beda dengan ikan bakar di beberapa tempat lain walaupun pembakaran ikan tersebut tanpa ada bumbu, ikan cuma dibikin bersih, disayat-sayat serta dibuang sisi dalamnya.

7. Rengginang
Jika ini sich sebetulnya lebih masuk ke camilan ya, bukan makanan berat. Namun saja masuk pada makanan ciri khas Situbondo. Rengginang ini adalah semacam kerupuk tebal yang terbuat dari nasi atau beras ketan yang dikeringkan lewat cara dijemur dibawah panas matahari lalu digoreng panas dalam minyak goreng dalam jumlahnya yang banyak. Macamnya sich setahu saya ada 2, yakni rengginang ori yang warna kuning seperti biasa, sama rengginang merah.

Nah, itu 7 makanan ciri khas asal Situbondo. Jika kamu bertandang kota ini janganlah lupa mencicipinya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *