Makanan Khas Tuban Yang Perlu Anda Coba

Makanan Khas Tuban – Kabupaten Tuban terdapat di pesisir utara Jawa Timur hal tersebut jadikan banyak obyek wisata sebagai arah berlibur serta jual kuliner ciri khas daerah tuban. Banyak yang unik dari resep masakan serta cemilan ciri khas tuban, bahkan juga ada yang terbuat dari tanah liat. Di bawah ini ialah beberapa makanan ciri khas Tuban yang telah kami bahas.

Makanan Khas Tuban

Belut Khas Tuban

1. Kare Rajungan
Geografis kabupaten Tuban yang terdapat di pesisir Pantai Utara jadikan kabupaten ini mempunyai banyak makanan memiliki bahan basic hewan laut. Hewan laut yang disebut ialah kepiting rajungan. Rajungan adalah hewan laut yang serupa dengan kepiting, di Tuban rajungan dibuat dengan kuah kare. Makanan ciri khas tuban yang satu ini populer dengan perasaan pedasnya, buat anda yang menyukai makan pedas silakan cicip kare rajungan ini, makanan ciri khas tuban Kare Rajungan ini terbuat berbahan basic rajungan yang diproses dengan bumbu ciri khas, bumbu basic yang di pakai daun salam, batang sereh, laos, santan, air asam, semua dibuat serta rajungan di input sampai bumbu meresap. Lalu kare rajungan siap di sediakan.

2. Becek Menthok
Makanan ciri khas yang satu ini kelihatan serupa seperti kare. Mempunyai kuah yang banyak sekali dengan struktur kental. Daging menthok jadi satu diantara makanan andalan Tuban. Makanan ini terbuat berbahan basic daging menthok yang di bumbui dengan racikan bumbu yang ciri khas hingga membuat makanan dengan cita perasaan yang mengagumkan. Bumbu rempah yang di pakai merica, jintan, bawang merah, bawang putih, mesoyi , daun salam, daun jeruk purut, serai , tomat, santan, serta taburan rajangan daun bawang. Diberikan dengan kuah yang hangat, makanan ini pas untuk Anda nikmati saat malam atau cuaca dingin.

3. Sate Bebek
Sate adalah satu diantara makanan ciri khas yang dapat Anda jumpai di beberapa daerah lain di Indonesia. Jika umumnya di lain tempat sate memakai daging ayam atau kambing, di Tuban Anda akan temukan sate yang memakai daging bebek. Sate bebek ini mempunyai struktur yang lebih keras daripada sate ayam. Sate ini diproses dengan memakai racikan bumbu ciri khas Tuban yang untuk masalah perasaan tak perlu disangsikan. Sate bebek ini di oleh dengan bumbu ciri khas salah satunya, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, daun jeruk, cabai rawit hijau, air jeruk lemon.

4. Garang Asem
Garang Asem sendiri adalah olahan makanan yang memiliki bahan basic ayam yang dikasih kuah santan. Garang Asem ini dibungkus dengan daun pisang saat dibuat. Diluar itu Garang Asem ini mempunyai cita perasaan asam dan pedas yang begitu menyatu. Garang Asem yang ada di Kota Tuban ini mempunyai keunikan tertentu bila dibanding dengan Garang Asem biasanya. Ciri yang begitu ciri khas pada garang asam ciri khas Tuban ini ialah kuahnya yang bening, banyak, serta fresh tentu saja. Diluar itu beberapa ciri Garang Asem ciri khas Tuban ini ialah daging ayamnya yang datang dari daging ayam kampung yang diproses lewat cara tersendiri hingga membuahkan daging yang begitu empuk.

5. Belut Pedas
Dengar makanan berbahan belut memang tidak asing di pikiran anda, tetapi apa daya bila belut dibuat dengan cita perasaan pedas, berharap maklum biasanya makanan ciri khas tuban bercitarasa pedas. Nah belut pedas ciri khas tuban ini harus anda coba, masakan dengan racikan bumbu ciri khas yang membuahkan perasaan yang spesial.

6. Cumi-Cumi Hitam
Makanan ciri khas Tuban yang datang dari laut yang lain ialah cumi-cumi hitam, cumi-cumi hitam ialah makanan yang banyak dicari serta jadi makanan favorite wisatawan yang bertandang ke Tuban, baik itu wisatawan lokal ataupun asing. Penyajian cumi-cumi hitam ini diberikan diatas daun jati serta campur nasi putih yang hangat serta pulen, diluar itu ada pula sayur cumi yang pasti meningkatkan nafsu makan serta perut lebih kenyang. Untuk nikmati cumi ini dianjurkan hadir ke jl. Ahmad dahlan, kabupaten tuban.

7. Opor Ayam Ciri khas Tuban
Opor ayam sama dengan lebaran Idul Fitri, tetapi kamu tak perlu menanti setahun untuk dapat nikmati lembutnya daging serta gurih nya daging ayam yang ada di opor. Di tepi pantai seputar Tuban banyak pula warung yang menyiapkan opor ayam, ayam yang dipakai dalam masakan opor ayam ialah ayam kampung, perbedaannya opor ayam yang berada di Tuban ialah ayam yang dibakar terlebih dulu sebelum jadikan opor, tentu aroma nya begitu merayu.

8. Es Bubur Sum-Sum
Es bubur sum-sum yang manis ini pas dipakai menjadi makanan penutup sesudah mencicip beberapa makanan yang dijelaskan awalnya. Bubur sum-sum yang dipakai di sini teksturnya begitu lembut hingga gampang untuk ditelan serta terasa beri kesegaran. Pas untuk diminum di siang hari waktu cuaca tengah panas atau waktu berbuka puasa.

9. Makanan Ciri khas Ampo
Kamu salah jika menduga tanah liat cuma bermanfaat menjadi bahan baku pembuatan batu bata saja. Kenyataannya, bahan ini dapat juga diproses jadi cemilan unik. Demikianlah yang dikerjakan oleh masyarakat Tuban, Jawa Timur. Mereka teratur membuat cemilan yang datang dari tanah liat yang betul-betul masih tetap bersih serta tanpa ada kombinasi apa pun. Ampo, makanan dari tanah liat ini telah jadi makanan tradisionil yang super menyehatkan oleh warga Tuban. Camilan yang telah disantap dengan turun-temurun ini biasa dipertemukan dengan teh manis hangat atau kopi waktu sore hari.

10. Sarabeh Selong
Makanan ciri khas Kota Tuban yang setelah itu Serabeh Selong. Serabeh Selong ini hampir serupa dengan Serabi yang ciri khas dari Bandung. Ketidaksamaan Serabeh Selong dengan serabi ini terdapat pada bumbu yang dipakai serta langkah penyajianya. Serabeh Selong ini disajikan memakai santan kelapa yang kental yang jadikan makanan ini mempunyai perasaan yang gurih. Bila kamu ingin tahu mengenai makanan Serabeh Selong ini kamu bisa menemukannya di Jalan Lukman Hakim, Gang Tulus, Tuban, Jawa, Timur. Tetapi ingat, jika ingin mencicip gurihnya makanan yang satu ini harus hadir pagi-pagi supaya tidak kehabisan.

Demikian penjelasan singkat dari kami mengenai makanan ciri khas Tuban yang unik-unik serta tentunya lezat. Mudah-mudahan tulisan ini dapat berguna buat kalian semua yang tengah liburan atau bertandang di kabupaten Tuban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *