7 Makanan Ciri khas Blitar yang Membuat Perut Keroncongan

Makanan ciri khas Blitar – Tiap pergi liburan ke satu kota atau obyek wisata yang dituju pertama-tama tentu pusat oleh-oleh. Kesempatan ini kami akan memahas mengenai makanan ciri khas, jajanan tradisionil, minuman serta bermacam oleh-oleh ciri khas dari kota Blitar, Jawa Timur.
Berikut Makanan serta oleh-oleh ciri khas dari kota Blitar.

Makanan Khas Blitar

Nasi Ampok Blitar Nasi Ampok Blitar

1. Nasi Ampok
Nasi ampok ialah nasi yang terbuat dari jagung yang di tumbuk halus serta di kukus. Makanan ciri khas Blitar ini sangat disukai dari jaman dahulu sampai saat ini. Dahulu semula terbentuknya nasi ampok di karenakan harga beras yang mahal, bertepatan dengan berlimpahnya panen jagung pada saat itu serta tercetuslah satu ide untuk bikin satu makanan inti alternatif beras yakni nasi yang terbuat dari jagung ini. Nasi jagung ini biasa diberikan dengan ikan asin, sayur rebus, dan sayur lodeh pedas dan masih banyak lauk yang diberikan. Sebab cita rasa yang begitu unik berikut beberapa orang yang begitu menyenanginya bahkan juga semua kelompok dari muda sampai yang tua

2. Wajik Kletik
Wajik kletik ini adalah makanan yang umumnya di beli oleh pelancong yang bertandang ke obyek wisata di Blitar. Wajik Kletik ini adalah satu diantara makanan Ciri khas Blitar yang begitu populer yang terbuat berbahan basic dari Gula Kelapa serta Beras Ketan. Untuk paket dari Wajik Kletik ini yakni di kemas begitu simpel yakni di Bungkus dengan memakai kulit jagung yang telah di keringkan. Bukan sekedar di untuk buat oleh-oleh ciri khas Blitar saja, tetapi umumnya Wajik Kletik ini di sediakan dalam acara-acara seperti hajatan atau acara penting yang lain. Untuk Rasa dari Wajik Kletik ini mempunyai rasa yang manis serta gurih serta memiliki struktur Kletik-kletik waktu di makan.

3. Es Pleret
Sesudah coba beberapa makanan ciri khas di Blitar, telah waktunya untuk coba beberapa minuman Ciri khas Blitar yakni Es Pleret. Es Pleret ini sendiri adalah minuman es yang memiliki bahan basic dari tepung beras serta di sediakan dengan memakai sirup serta santan supaya rasa-rasanya manis, fresh dan gurih. Es yang begitu pas dikonsumsi saat siang hari yang terik, hilangkan dahaga serta membasahi tenggorokan yang kering. Sudah kebayang kan begitu enaknya es ini, pada intinya pembuatan pleret atau isian yang berupa bundar itu memakai tepung beras jadi tanpa ada dikasih pemanis jadikan rasa yang diberikan jadi cemplang. Tetapi tenang dalam es ini ada banyak pelengkap yang lain yang mendukung rasa dari pleret tersebut.

4. Es Drop
Jika belum juga senang dengan es pleret silahkan anda coba minuman es Ciri khas Blitar yang satu ini yang dapat beri kesegaran tenggorokan anda yakni es drop. Es drop ini adalah minuman es yang rupa serta memiliki bentuk hampir serupa dengan es cream. Minuman es ciri khas Blitar ini begitu populer serta banyak dicari oleh pelancong yang bertandang ke Blitar. Dalam penyajiannya es drop ini di bungkus degan kertas serta taruh di termos. Untuk memperoleh Es ini cukuplah gampang sebab bisa anda dapatkan di seputar makam bung Karno, Alun-alun Blitar serta obyek wisata yang lain di Blitar.

5. Soto Daging Ciri khas Blitar
Soto Daging ini adalah uniknya kota Blitar. Kamu dapat temukan wisata kuliner ini dalam tempat makan bernama Soto Daging Bok Ireng. Sebab ada yang ciri khas dari soto ini, seperti daging yang berwarna hitam dan kuah soto special yang berbumbu rempah-rempah yang begitu ciri khas yang begitu membuat air liur terasanya ingin terjun bebas saat masih mencium aroma soto ini. Di warung bok ireng ini, kamu dapat melahap soto yang rasa-rasanya begitu istimewa. Lalu, kamu dapat hadir ke Jalan Cokroaminoto untuk membelinya pada harga yang tidaklah terlalu mahal.

6. Uceng Goreng
Uceng adalah ikan air tawar yang hidup di sungai. Bentuk dari ikan ini ialah bundar serta memanjang serta besarnya kurang lebih sebesar jari kelingking. Ikan Uceng bisa diberikan dalam beberapa menu seperti Sayur Uceng, Bothok Uceng serta Uceng Goreng. Kamu dapat juga mengkonsumsinya dengan nasi hangat ditemani dengan sambal. Rasa-rasanya yang gurih beberapa membuat kamu suka serta suka . Diantaranya ialah warung Uceng Sukaria yang terdapat di Jalan Cokropati Desa Babadan, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Tidak hanya digoreng, uceng seringkali jadikan peyek.

7. Tahu Bumbu Lawu
Tahu Bumbu Lawu ini adalah satu racikan dari potongan lontong, tahu 1/2 masak, tauge, kerupuk, sambal serta ditambah lagi bumbu yang bisa meningkatkan nafsu makan anda. Meskipun penampilannya lumayan sederhana tetapi rasa-rasanya begitu menggugah hasrat. Tempat sebagai referensi untuk mencicip tahu bumbu lawu terdapat di Jalan Lawu Blitar.

Itu dengan singkat kami bahas mengenai makanan ciri khas Blitar serta oleh-olehnya. Mudah-mudahan penjelasan ini dapat menolong anda saat bertandang ke Blitar serta tidak paham ingin beli oleh-oleh apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *