Berpergian Memakai Kereta Api Argo Bromo Anggrek Terbaru

Spesifikasi Kereta Api Argo Bromo Anggrek Mendekati berakhirnya tahun 2018 adalah waktu yang sangat pas buat Kamu untuk merencakan berlibur semenjak jauh hari awal mulanya. Bilamana ingin melancong jauh, terutamanya di Pulau Jawa rute Jakarta – Surabaya masih tetap jadi salah satunya tujuan favorite wisatawan domestik. Ke-2 kota itu bisa dijangkau dengan memakai beberapa moda transportasi umum. Service angkutan umum berbentuk pesawat terbang, kereta api, serta bus sudah jadi berlangganan juta-an penumpang di jalan ini saat beberapa puluh tahun lamanya. Untuk perjalanan darat saja, moda transportasi bus serta kereta api (KA) mainkan fungsi penting untuk menghubungkan ke-2 kota megapolitan itu. Ke-2 type angkutan umum itu mempunyai kelebihan sendiri.

KA Argo Bromo Anggrek

Interior KA Argo Bromo Anggrek
Interior KA Argo Bromo Anggrek

Buat Kamu yang memprioritaskan ketepatan waktu, dan kenyamanan istirahat saat perjalanan, perjalanan memakai kereta api adalah pilihan yang pas. Tidak hanya Kereta Api Bima, ada banyak serangkaian kereta api lainnya seperti Sembrani, Bangunkarta, serta Argo Bromo Anggrek di kelas eksekutif, dan Gumarang, Kertajaya, serta Gayabaru Malam Selatan untuk kelas yang lain. Spesial kesempatan ini aku ingin mengulas tentang perjalanan dengan Kereta Api Argo Bromo Anggrek yang menghubungkan Stasiun Gambir (Jakarta) serta Surabaya Pasar Turi.

KA Argo Bromo Anggrek atau sering dikatakan sebagai KA Argo Anggrek, adalah salah satunya kereta favorit dari PT Kereta Api Indonesia (PT KAI). KA ini mempunyai nomer 1-4, serta adalah angka paling kecil dari semua service KA penumpang dari PT KAI. KA ini mempunyai banyak ‘keistimewaan’, yang sangat mencolok ialah waktu perjalanan dari Jakarta – Surabaya (PP) yang cuma menghabiskan waktu 9 jam. KA yang lain yang mempunyai rute sama seperti Sembrani (eksekutif) serta Gumarang (eksekutif, usaha serta ekonomi) mempunyai waktu tempuh kurang lebih 10 serta 11 jam.

KA Argo Anggrek adalah moda transportasi darat paling cepat untuk sekarang ini. Pengalaman memakai bus malam dari Surabaya ke Cikarang (masih tetap se jam-an kembali sebelum sampai di Jakarta) bisa menghabiskan waktu 14-15 jam (termasuk juga interval istirahat makan malam serta shalat subuh). Tidak bingung KA ini dikatakan sebagai primadona service transportasi PT KAI. KA Argo Anggrek ikut mempunyai keunggulan lainnya berbentuk jumlahnya stasiun persinggahan yang tambah lebih dikit dibanding KA-KA yang lain. Untuk KA Argo Anggrek Malam saja cuma melayani pemberhentian di Stasiun Semarang Tawang, Cirebon, Jatinegara (spesial KA bernomor 3 arah Jakarta) serta Gambir menjadi arah akhir. Sesaat KA-KA yang lain sekurang-kurangnya akan berhenti di 8-13 stasiun selama rute Jakarta (Gambir/Pasar Senen) – Stasiun Pasar Turi melalui jalan utara. Cek juga jadwal kereta api Agro Bromo dan info lebih lanjut di kereta api indonesia.

Yang sangat mencolok ialah suhu hawa yang ‘prima’ di hampir selama perjalanan KA, terpenting jika berjalan saat malam hari. Pendapat aku jika memakai KA Argo Anggrek Malam, persiapkanlah jaket tebal, sebab selembar selimut yang disiapkan belumlah pasti bisa tawarkan kehangatan dibanding suhu AC dari kabin KA Argo Anggrek itu. Ya, saat KA berjalan pada malam hari (Argo Anggrek Malam) suhu hawa bisa turun di bawah 23 derajat celcius. Tidak hanya feature di atas, KA Argo Anggrek tawarkan kenyamanan lainnya berbentuk interior yang relatif baru (keluaran 2014), dengan kesan-kesan mewah, bersih serta elegan didalamnya. Ada dua toilet di semasing kereta, dengan salah satunya mempunyai kloset duduk (toilet yang satu kembali bisa dipakai untuk buang air kecil ataupun ambil wudlu). Kebersihan di dalam toilet itu terbangun dengan baik.

Tidak hanya interior, di KA Argo Anggrek (serta kereta api eksekutif yang lain) menyiapkan pesanan makanan siap saji dengan macam makanan yang lebih bermacam dibanding terdahulu. Bilamana di beberapa tahun awal mulanya PT. Reska Multi Usaha (anak usaha PT KAI yang mengurus restorasi KA) cuma menyediakan macam menu hanya terbatas (nasi goreng, nasi rames, serta beberapa menu yang lain yang seringkali mendapatkan penilaian miring di sejumlah komunitas kereta api berkaitan kualitas perasaan masakannya), sekarang menggandeng brand makanan ready to eat seperti McDonalds serta Hoka Hoka Bento. Diluar itu beberapa penumpang bisa pesan menu tradisionil seperti Nasi Jamblang, Empal Gentong, ataupun menu dari Loko Cafe berbentuk Spaghetti Bolognese, Beef Stroganoff, Mie Ghodog, Lumpia Bohay dan kentang goreng.

Tehnis penjualan menu makanan siap saji ini sama juga dengan menu makanan umumnya. Beberapa penumpang KA dapat mengontak crew Restorasi yang tengah bekerja untuk pesan makanan yang diharapkan. Spesial menu tradisionil silahkan pesan terlebih dulu seputar 2 jam sebelum KA datang di stasiun persinggahan dengan lokasi sebagai keunikan makanan unik di atas. Untuk kualitas perasaan tidak butuh cemas. Kata istri aku, masakan empal gentong yang sudah dipesan serta diberikan di dalam KA masih tetap hangat serta enak. Lebih baik dibanding menu-menu ekstrim yang sempat di tawarkan di atas kereta api awal mulanya.

Sekianlah yang dapat saya share kepada kalian terkait dengan Spesifikasi Kereta Api Argo Bromo Anggrek Terbaru. Semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian semua. perrinfield.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *